Kamis, 30 Mei 2013 - 12:11:51 WIB
Gubernur Buka SL PHT di Padang Panjang
Diposting oleh : Rasmunaldi
Kategori: Dinas - Dibaca: 58347 kali

 

Dorong Pengendalian Hama Terpadu dan Pertanian Organik , Gubernur Sumbar Irwan Prayitno membuka Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SL-PHT) Padi , Selasa (14/5), di Kelompok Tani Hamparan Sigata, Kelurahan Gantiang, Kecamatan Padang Panjang Timur, Padang Panjang. Pembukaan SL PHT ini diawali dengan menanam Padi Tanam Sabatang (PTS) dilokasi SL PHT yang diiringi dengan pembukaan selubung papan nama SL-PHT.

Hadir dalam pembukaan SL-PHT ini Wali Kota Padang Panjang, Suir Syam, Wakil Walikota Padang Panjang Edwin dan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Sumatera Barat Ir.Djoni serta Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Panjang, Ir. Chandra, MM.

Gubernur Sumbar menghimbau petani untuk mengikuti SL PHT dengan sungguh-sungguh dan memperhatikan setiap anjuran petugas pertanian lapangan. Disamping itu Gubernur meminta pada petani untuk melaksanakan konsep PHT, mengembangkan pertanian organik. “Dalam PHT dan Pertanian Organik, Petani tidak lagi membakar jerami,” tegasnya.

Senada dengan Gubernur , Walikota Padang Panjang Suir Syam menganjurkan agar petani selalu melaksanakan sistim pertanian organik dan mempedomani anjuran petugas pertanian lapangan. “Kota Padang Panjang   telah mengembangkan pertanian organik ini karena sesuai dengan visi Kota Padang Panjang sebagai Kota Sehat,”ujarnya.

Sementara itu Kepala Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) Sumatera Barat, Ir. Arzal, MP menyampaikan bahwa pada tahun 2013 dilaksanakan 83 unit SL PHT Padi, 22 SL PHT Palawija, 31 SL PHT Cabe, 7 SL PHT Pisang, 13 SL PHT Jeruk dan 9 unit SL Iklim yang tersebar di Sumatera Barat . Dengan dibukanya SL PHT Padi di Padang Panjang oleh Gubernur Sumbar menandai dimulainya SL PHT di seluruh Sumbar.

Pada kunjungan ke Padang Panjang iniu, Gubernur Sumbar juga menyempatkan hadir dalam tanam oerdana demonstrasi plot tanaman pisang sehat di Gapoktan Sarumpun Gadang, Nagari Batipuah Ateh, Kecamatan Batipuah, Kabupaten Tanah Datar. Gubernur Sumbar pada acara ini melakukan penanaman pisang sehat yang diawali dengan penaburan Trichoderma sebagai agens hayati untuk mengendalikan penyakit layu pisang.

“Yang saya tanam ini adalah pisang saya, kalau petani berhasil mengembangkan pisang dilokasi ini, Pemprov akan memfasilitasi pengembangan pisang lebih lanjut,” ucapnya.

 




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)