Senin, 01 Juli 2013 - 08:30:21 WIB
Semangat ke Bhinneka an Hadir di Penutupan Pertikabumi Nasional V
Diposting oleh : Rasmunaldi
Kategori: Pertanian - Dibaca: 70083 kali

Bhinneka  Tunggal  Ika, walau berbeda-beda tapi tetap satu yakni Indonesia. Semangat ke Bhinnekaan ini  tampak hadir  dalam  penutupan  Perkemahan Bakti Saka Tarunabumi (Pertikabumi) Nasional V  di bumi perkemahan SMK PP  Kota Padang, Sabtu (29/6) . Semangat    walau berbeda tapi tetap satu jua  Indonesia itu diwujudkan dalam bentuk ada    peserta   memakai  pakaian adat dari daerahnya masing-masing.

 “Pertikabumi  Nasional   V ini   merupakan  salah  satu  ajang dari  gerakan  pramuka   dalam mempersatukan  berbagai suku bangsa di Indonesia dalam satu negara yakni Negari Kesatuan  Republik Indonesia, “ tutur Wakil Gubernur Sumbar, Drs Muslim Kasim dalam amanatnya ketika menutup  kegiatan Pertikabumi ini.

Ia berharap dengan ajang Pertikabumi  itu  semakin memunculkan  rasa nasionalisme di kalangan generasi muda, khususnya   anggota Saka Tarunabumi. Sebab rasa nasiolisme yang tinggi itu  menjadi  modal  utama persatuan dan kesatuan bangsa.

Pada kesempatan itu, ia juga menjelaskan kalau   ajang Pertikabumi    juga  bertujuan untuk meningkatkan semangat  generasi muda untuk  cinta pertanian.  Ia mengatakan, bahwa anggota Saka Tarunabumi  merupakan  sumber daya  utama   pembangunan pertanian   Indonesia masa datang. Karena itu, katanya,   melalui  ajang Pertikabumi,  anggota Saka Tarunabumi  dilatih dan ditingkatkan keterampilan  di bidang pertanian.

Buat Sumbar sendiri sebagai tempat pelaksanaan Pertikabumi, ajang tersebut juga sangat berarti. Disamping memperlihatkan      kemajuan pembangunan  pertanian  Sumatera Barat,   hal itu  juga sarana promosi  untuk keindahan alam Sumatera Barat. Karena  itu,  setelah   ajang ini usai, para peserta  bisa berkunjung lagi ke Sumbar,  terutama untuk menikmati kulinernya. “Kalau soal  makanan,   orang  sering sebut  kategori kuliner Sumbar hanya ada dua yakni enak dan enak  bana,” tambah  Muslim.

Selama Pertikabumi ini berlangsung,    memang banyak acara  yang  memperlihatkan  keberagaman   suku budaya   di Indonesia.     Diantara    penyajian kuliner dari masing-masing kontingen dan pentas seni yang menampilkan kesenian khas  daerah masing-masing. Semua itu  memperlihatkan   bermacam ragamnya  suku budaya di Indonesia tetapi tetap satu Indonesia.

Penutupan  Pertikabumi ini diakhiri dengan penyerahan  berbagai hadiah untuk para pemenang kegiatan  giat prestasi yang diadakan selama  Pertikabumi  berjalan.




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)