Selasa, 13 Mei 2014 - 16:11:35 WIB
Dinas Pertanian Gelar Latihan Pasca Panen Padi
Diposting oleh : Rasmunaldi
Kategori: Dinas - Dibaca: 132253 kali

Pemerintah Sumatera Barat melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan Sumbar sangat fokus dalam peningkatan SDM Petani Sumbar.

Setelah Kelompok Tani (Poktan) atau Gapoktan (gabungan poktan) mendapat bantuan peralatan pasca panen, Petani juga dibekali dengan pelatihan penanganganan Pasca Panen dan Peralatannya. Pertemuan yang berlangsung selama dua hari ini (13 s.d 14 Mei 2014) dilaksanakan di Balai Diklat Pertanian Bukittinggi.Pelatihan ini telah di buka oleh Kasi Pasca Panen Bidang PPH Diperta Sumbar Ir. Bambang Isdi Purwanto, sp. Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang peserta dari Kab. Pesisir Selatan, Agam , Lima Puluh Kota, Dharmasraya, Solok, Pasaman dan Padang Pariaman

Adapun nara sumber meteri pelatihan ini dari berbagai kalangan yaitu pengenalan peralatan pasca panen padi yg disampaikan olh pihak produsen alsin, perawatan/ peneliharaan alsin oleh UPTD BMPTPH Sumbar, teknologi pengolahan hasil samping dan limbah pengolahan padi oleh BPTP Sumbar, peranan mekanisasi pertanian dlm menekan kehilangan hasil dan menaikan kualitas gabah oleh unand, manajemen kelembagaan dan pembukuan usaha oleh Politani Payakumbuh.




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)