Rabu, 17 Juni 2015 - 11:14:11 WIB
Dua Kelompok Tani di Padang Pariaman Terima Sertifikat Organik
Diposting oleh : Rasmunaldi
Kategori: Pertanian - Dibaca: 4754 kali

Dua kelompok  tani    di Kabupaten Padang   Pariaman  yakni  kelompok tani  Pelita Gunung dan Kelompok  Tani Budi  Saiyo di Nagari Sungai Buluah,  Kecamatan Batang Anai   dinilai   telah menerapkan sistim pertanian pertanian  organik di lahannya.  Atas keberhasilan  ini,  dua  kelompok  tani menerima sertifikat organik dari Lembaga Sertifikasi  Organik (LSO) Sumatera Barat.

Penyerahan sertifikasi organik  dari LSO Sumbar  itu langsung diberikan oleh Kepala Dinas Pertanian  Tanaman Pangan Sumbar Ir. Djoni kepada  masing-masing kelompok dalam sebuah acara pertemuan kelompok   baru-baru  ini di  Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman.

Dalam sertifikat    organik yang diterbitkan  LSO Sumbar  tersebut dinyatakan kalau   kedua kelompok  ini   telah  memperlihatkan  kompetensinya sebagai produsen pangan organik dengan mengimplementasikan secara konsisten SNI 6729:2013 Sistim  Pertanian Organik  untuk  ruang lingkup tanaman padi.

Pemerintah Sumatera Barat melalui Dinas Pertanian  Tanaman Pangan  adalah salah satu propinsi  yang konsisten mendorong petani mengembangkan pertanian organik.  Bagi-bagi kelompok  yang  telah menerapkan  pertanian organik  dan sesuai dengan prinsip organik yang dikembangkan   oleh lembaga Sertifikasi Organik (LSO) Sumbar  akan menerima sertifikat  organik dari lembaga   itu.

Dengan adanya sertifikat tersebut  akan memberi jaminan  bahwa  produk  yang dihasilkan  kelompok tersebut telah menerapkan   prinsip-prinsip pertanian organik sehingga  membuka peluang  produk-produk yang dihasilkan bersaing dengan produk organik  yang  telah tersertifikasi. Dengan  adanya dua kelompok  tani di Kabupaten Padang   Pariaman itu berarti  kelompok  tani yang mendapat sertikat organik di Sumbar semakin bertambah.

Sebelumnya dalam  laporannya, LSO Sumbar  menyatakan  telah 34  kelompok tani di Sumatera Barat  yang menerima sertifikat organik  sejak  LSO tersebut  dibolehkan menerbitkan sertikasi organik  beberapa tahun yang lalu.




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)