Senin, 23 Oktober 2017 - 11:11:50 WIB
Peran Bengkel Pengrajin mendukung Swasembada Pangan
Diposting oleh : Rasmunaldi
Kategori: Pertanian - Dibaca: 130 kali

Selama dua hari 23 s.d 24 Oktober 2017 Balai Mekanisasi Dinas TPHP Sumbar mengadakan pertemuan bengkel pengrajin. Acara yang dibuka kepala Dinas TPHP Sumbar Ir. Candra, M.Si dilaksanakan di aula BPDPTPH Bandar Buat Padang diikuti pengrajin alsintan di Sumatera Barat.

Dalam sambutannya Kadis TPHP Sumbar menyampaikan pentingnya peran bengkel pengrajin dalam mendukung program swasembada pangan. Pemerintah melalui kementrian pertanian telah berupaya meningkatkan produksi pertanian dengan menekan biaya produksi dan mempercepat pengolahan lahan menggunakan alat mesin pertanian. Berbagai jenis alat mesin pertanian semenjak tahun 2012 sampai sekarang telah disalurkan kepada kelompok tani di Sumbar.

Penggunaan ekatalog dalam sistem pengadaan barang dan jasa saat ini membuat pengrajin alsintan di Sumbar harus memasukkan produknya dalam ekatalog. Sehingga pamasaran dari produk  alsin yang diproduksi Pengrajin dapat menjangkau pengadaan barang pemerintah dan bertambah luas. Disisi lain terbuka peluang bagi bengkel pengrajin untuk dapat berperan dalam layanan purna jual alat mesin pertanian yang saat ini berada dilapangan. Kadis TPHP Sumbar mengharapkan dapat dirumuskan dalam pertemuan ini bagaimana sinergi antara pengrajin dan distributor dalam layanan purna jual alsintan di lapangan. Saat ini sumbar mempunyai 18 bengkel pengrajin alsin namun hanya 12 yang aktif. Bengkel alsin tersebut tersebar di kabupaten / kota di Sumbar.




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)